Dentuman Bass Pada Power 400 Watt Rakitan

Power amplifier 400 watt mempunyai ciri-ciri yang berlainan dengan type power yang lain. Karakter-karakter ini semestinya didapati lebih dulu sebelum dikerjakan modifikasi yang diharapkan. Contohnya saja untuk ampli 400 watt, ciri-khasnya lebih cenderung ke nada yang low serta terdengar ngebass. Hingga bila nada yang dibuat masih tetap kurang nendang, kita dapat lakukan cara-cara memberikan bass pada power 400 watt. Beberapa cara yang akan dibicarakan pada artikel ini dapat diterapkan pada piranti rakitan.
bass pada power 400 watt

Jadi besar Tegangan Power Suplai

Satu amplifier rakitan atau bikinan pabrik bisa saja mempunyai power yang kurang cocok dengan keinginan. Contohnya waktu kita memakai power 400 watt untuk lapangan, nada yang dibuat bisa saja tidak sengebass yang diinginkan. Untuk menanganinya, kita dapat jadi besar nilai atau tegangan dari power suplai. Dengan langkah tersebut jadi nilai watt yang semakin besar dapat didapat. Langkah tersebut cukuplah gampang, ditambah lagi bila dikerjakan pada ampli rakitan.

Perumpamaannya ialah pada power 400 watt rakitan yang memakai suplai +47 V, C T, -47 V yang output dari tiap-tiap transistor finalnya keluarkan 250 W, di mana catu dayanya +32 V, C T, -32 V. Jadi di bagian power OCL, janganlah dipaksakan untuk men-drive speaker yang memiliki ukuran 15 inci. Semestinya dipakai transformator untuk arus 1/2 tegangan sekunder. Maka bila tegangan sekunder ialah 30 V, jadi untuk arus nominalnya ialah sebesar 15 amper.

Meningkatkan Gain Atau Penguatan
Langkah memberikan bass pada power 400 watt yang lain yaitu dengan meningkatkan gain. Beberapa transistor besar memang mempunyai gain atau penguatan yang rendah. Karenanya nada bassnya terdengar lemah. Supaya gainnya dapat bertambah, kita dapat menempatkan kit penambahan. Yang disebut dengan kit penambahan itu ialah serangkaian elektronika yang berbentuk master mixer atau giga bass. Diluar itu juga bisa dipakai rail transistor lebih dari 1. Dengan demikian dapat didapat nada lebih ngebass, serta kerja transistor dapat juga lebih mudah.

Nilai R dari gain clone satu ampli rakitan biasanya ialah 22K. Sedang power blazenya mempunyai nilai R 15K serta power OCL-nya mempunyai nilai R 33K. Bila nilai R gain makin kecil, jadi penguatannya akan makin kecil. Bila nilai C semakin besar, jadi nada bassnya akan semakin empuk. Di mana nilai C atau elko maximum yang sesuai dengan untuk gitar bass ialah 47uf sedang untuk drum 22uf.
Langkah lainnya untuk mengendalikan nada bass dari satu power amplifier 400 watt yaitu dengan pilih ukuran speaker yang sesuai dengan. Speaker memiliki ukuran 12 inci akan sesuai dengan untuk keluarkan nada hentakan drum atau treble. Speaker yang memiliki ukuran 15 inci akan sesuai dengan untuk nada gitar bass dan bas-mid. Dengan speaker yang sesuai dengan, jadi langkah memberikan bass pada power 400 watt yang dikerjakan semakin lebih efisien.

Desember 11, 2018 - tanpa komentar